Pages

Pages

Jumat, 25 September 2015

Jika Ingin Kerja Di Google - 10 Skill Yang Dibutuhkan

Kali ini kita akan bahas skill yang dibutuhkan anak IT untuk kerja di google — Mencari pekerjaan yang terbaik adalah keinginan setiap orang, mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang besar tentu menjadi idaman ataupun impian sebagian besar manusia didunia ini. 
Google adalah salah satu perusahaan IT terbesar didunia, google memiliki banyak sekali project yang cukup terkanal bahkan digunakan untuk membantu kehidupan masyarakat dunia.
Banyak sekali orang ingin melamar untuk menjadi karyawan google, namun untuk bekerja di google tidaklah mudah, google memilik beberapa kriteria, dan biasanya mereka mencari yang kemampuannya diatas rata-rata. Google hanya mempekerjakan 4.000 orang dari 2,5 juta pelamar setiap tahun.
Google
Jika anda adalah seorang yang sedang menuntut ilmu di bidang IT, dan berharap suatu saat ingin bekerja di google, maka mungkin keahlian-keahlian berikut ini bisa anda pelajari, tidak perlu semua, cukup satu atau dua saja namun anda memahami secara mendalam, maka itu lebih baik tentunya. Tim HR Google telah merilis daftar keterampilan yang mereka ingin lihat dari seorang engineer, mari kita simak.
1. Programming
Google ingin setiap karyawan mereka bisa menulis kode program. Setidaknya satu bahasa pemograman berorientasi object seperti C++, Java atau Phython. Anda bisa belajar dari MIT OpenCourceWare atau situs-situs belajar online lainnya.
2. Testing
Melakukan pengujian atau testing dari program yang dibuat sama pentingnya dengan membuat program itu sendiri. Google ingin engineer mereka bisa mendeteksi bug, membuat tes debugging dan mencari celah dari software yang mereka buat.
3. Matematika
Komputer kalau dalam bahasa Ingris berarti computer, compute jika diartikan berarti menghitung, computer berarti mesin penghitung, jadi komputer sangat erat hubugannya dengan matematika. Google ingin karyawannya memahami matematika abstrak seperti logika dan matematika diskrit.
4. Algoritma dan Struktur Data
Memahami dasar-dasar jenis data seperti stacks, queues atau bags dan memahami algoritma pengurutan seperti quicksort, merge sort atau heapsort adalah penting menurut google.
5. Sistem Operasi
Google ingin calon karyawan yang memahami sistem operasi komputer dengan baik, karene hampir sebagian besar pekerjaan di google menggunakan komputer jadi tentu saja kemampuan dan pengetahuan tentang sistem operasi sangat dia butuhkan.
6. AI (Artificial Intelligence)
Google sangat suka membangun produk berbasikan AI atau kecerdasan buatan. Kantor google penuh dengan robot, merekapun memiliki banyak engine yang bisa bekerja secara otomatis. Jadi jika ingin bekerja di google maka tidak ada salahanya anda belajar tentang kecerdasan buatan / Artificial Intelligence dan seluk-beluknya.
7. Cryptography
Cryptography / kriptografi tentunya juga dibutuhkan untuk bekerja di google, karena google sangat suka dengan keamanan dunia cyber, mereka memiliki banyak produk online dan tentu mereka ingin semua berada dalam pengamanan yang baik. Jadi jika anda paham kriptografi tentu menjadi kandidat potensial bagi google.
Baca Juga:
8. Parallel Programming
Mungkin istilah ini jarang sekali kita dengar, meskipun kita berada di lingkungan IT. Konsepnya anda harus mampu melakukan beberapa penghitungan dalam waktu yang bersamaan, dan ini cukup disukai google.
9. Membuat Compiler
Google memahami bahwa program yang ditulis untuk dimengerti oleh manusia secara sistematis tentunya di translate atau diartikan untuk bahasa assembly tingkat rendah yang akhirnya dimengerti oleh mesin. Memahami bagaimana membuat compiler tentu menjadi nilai tambah yang sangat besar dimata google.
10. Bahasa Pemograman Lain
Google tentu akan menyukai anda jika anda mampu menguasai lebih dari satu bahasa pemograman, ada banyak sekali bahasa pemograman saat ini, dan sepertinya google menggunakan hampir seluruhnya untuk kepentingan yang berbeda-beda, jadi tidak ada salahnya anda belajar bahasa pemograman lain selain yang anda kuasai saat ini, anda bisa mempelajari Javascript, Ruby, HTML5 dan sebagainya.
Semoga daftar diatas bisa menimbulkan inspirasi untuk anda yang ingin belajar di dunia IT dan selanjutnya melanjutkan karir dengan bekerja di Google, masih banyak jenis pekerjaan lain yang sebenarnya dibutuhkan google, yang kami tulis diatas hanya sebagian saja, khususnya untuk dibidang IT saja. Bidang lain bisa anda cari halaman karir google.
Silahkan dibagikan ke teman-teman anda agar ilmu ini semakin bermanfaat. Sampai jumpa di postingan lain di Jurnal Web Indonesia.

http://www.jurnalweb.com/10-skill-yang-dibutuhkan-jika-ingin-kerja-di-google/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar