Scirpt Flash Animation




1. Buka file flash baru (ActionScript 3.0 File).
2. Buat sebuah teks bertipe “static text” dengan nama “Komputer”.
3. Ubah teks tersebut menjadi movieclip dengan cara klik kanan pada teks > pilih Convert to Symbol.
4. Buka panel properties. Pada kolom instance name beri nama “target”.
5. Sekarang, import gambar komputer ke dalam stage yang nantinya akan digunakan sebagai objek drag and drop.
6. Konversi gambar tersebut menjadi movieclip. lalu beri instance name dengan nama “drag_mc”.
7. Buka panel action, lalu ketikn script berikut:

stop();
var xawal,yawal:int;
drag_mc.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_DOWN, startDragObjek);
stage.addEventListener(MouseEvent.MOUSE_UP, stopDragObjek);
xawal=drag_mc.x;
yawal=drag_mc.y;

function startDragObjek(event:MouseEvent)
{
    event.target.startDrag();
}
function stopDragObjek(event:MouseEvent)
{
    event.target.stopDrag();
    cekTumbukan();
}

function cekTumbukan()
{
    if(drag_mc.hitTestObject(target))
    {
        gotoAndStop(2);
    }
    else
    {
        drag_mc.x=xawal;
        drag_mc.y=yawal;
    }
}

1. Buat dokumen flash baru (actionscript 3.0).
2.  Pertama,ubah warna background stage menjadi hitam.
3.  Buatlah movieclip baru dengan memilih menu Insert > New Symbol.
    Beri nama “Particle1”. Jangan lupa, centang pilihan Export for Actionscript kemudian isi nama class dengan “Particle1”.
4.  Gambarlah sebuah garis seperti gambar berikut:
5.  Sekarang kembali ke scene 1. Buka panel action, kemudian ketikan script berikut:

import flash.events.Event;
import flash.utils.Timer;
import flash.events.TimerEvent;

var pos:int=50;//menentukan posisi awal objek
var rot:int=0; //menentukan perputaran objek

addEventListener(Event.ENTER_FRAME, animationLoop);

function animationLoop(e:Event)
{
var obj:Particle1=new Particle1(); //memanggil objek
obj.x=pos;
obj.y=pos;
obj.rotation=rot;
addChild(obj);
pos++;
rot++;
}

//membatasi perulangan animasi
var timer:Timer=new Timer(1000,12);
timer.addEventListener(TimerEvent.TIMER_COMPLETE, stopLoop);
timer.start();
function stopLoop(e:TimerEvent)
{
removeEventListener(Event.ENTER_FRAME, animationLoop);
}


[AS3] cara mebuat mouse mengikiti pointer

langkah kerja:
-> buatlah sebuah pointer
-> Conver to symbol
-> beri nama kursor > pilih movie clip > pilih registratio titik palin pojok kiri atas
-> beri script berikut > f9 :



onClipEvent(load) {
Mouse.hide();
}

onClipEvent(enterFrame) {

startDrag(this, true);

updateAfterEvent();

}


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © / CATATAN ANA SANTRI

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger