Laman

Cara Bertanya yang Baik di Media Internet

0 komentar

Di rimba Internet terdapat banyak sekali forum, grup sosial, ataupun media lainnya yg bisa kita gunakan untuk bertanya dan berdiskusi tentang topik tertentu atau sebagai bantuan untuk memecahkan masalah yg mungkin tidak bisa kita selesaikan sendiri. Namun ada kalanya masalah atau topik kita tersebut ternyata malah tidak mendapat respon sama sekali. Apa sebabnya? Ada banyak faktor penyebabnya, bisa saja karena memang tidak ada yg tau tentang topik tersebut atau bisa juga karena topik tersebut tenggelam karena tertimpa topik2 lainnya. Namun dari sekian banyak penyebabnya, ada 2 faktor utama yg bisa membuat topik kita tidak mendapat respon atau tenggelam begitu saja, yaitu:

Tema yg Tidak Sesuai


Setiap media diskusi di Internet memiliki tema atau pokok bahasan tertentu, tujuannya jelas agar diskusi menjadi lebih terarah, spesifik, dan tidak terlalu luas. Misalnya saja ada media diskusi yg khusus membahas tentang Linux, Windows, Android, dlsb. Oleh karenanya saat hendak mengajukan topik tertentu, perhatikan baik2 tema diskusinya dan baca terlebih dahulu aturan2 yg ada di tempat diskusi tersebut. Misalnya saja Anda bertanya tentang Blackberry tapi di grup diskusi Android. Hal ini jelas salah dan pertanyaan tersebut juga tdk akan mendapat respon, kalaupun ada malah respon negatif atau bisa jadi ujung2nya Anda malah dibully oleh member2 lainnya sebelum topik tersebut dihapus oleh Admin :)

Cara Bertanya yg Salah


Seperti apa cara bertanya yg salah? perhatikan contoh2 pertanyaan berikut ini yg pasti banyak kita temukan di media2 diskusi di Internet:

  • Windows saya koq makin lambat ya?
  • Ada yang punya panduan install Linux? bagi dong?
  • Mikrotik itu apa?

Nah, contoh pertanyaan2 seperti itu yg harus dihindari dan sangat tidak disarankan! Alasannya karena pertanyaan2 tsb. tidak lengkap, kesannya seperti memerintah, dan tidak mencerminkan usaha dari si penanya. Misalnya saja untuk pertanyaan no. 1, yang mau coba bantu jawab pastinya akan bingung, Windows apa yang digunakan, apakah di laptop / di komputer, dlsb. Demikian halnya dengan pertanyaan no. 2 termasuk no 3, panduan install Linux apa yang ditanyakan mengingat begitu banyaknya distro linux yg ada saat ini? Apakah sudah pernah browsing / mencari2 dulu sebelumnya? dan bagaimana hasil pencariannya?

Dan sekarang bandingkan pertanyaan2 diatas dengan contoh pertanyaan berikut ini.

  • Windows 7 di laptop saya akhir2 ini makin lambat. Hal ini terjadi setelah saya install Office 2013. Apakah mungkin Office 2013 menyebabkan Windows menjadi lambat? Spec laptop saya Intel i7 dgn RAM 2GB serta space hardisk yg tersisa masih sangat banyak. Dan Windows yg saya gunakan adalah Windows 7 Professional 64-bit. Mohon tanggapannya.
  • Saya hendak mencoba install Oracle Linux di laptop saya. Sudah coba googling dan browsing kesana kemari namun masih tetap tdk mengerti. Mungkin karena terlalu banyak istilah teknis yg masih belum saya pahami. Barangkali ada yg punya referensi panduan instalasinya yg agak mudah untuk dimengerti?
  • Saya sudah baca2 di Wikipedia dan bbrp situs computer lainnya, namun masih kurang ngerti apa sebetulnya fungsi utama dari Mikrotik? dan kenapa banyak Warnet yg menggunakan Mikrotik tsb? barangkali ada rekan2 yg bisa bantu memberikan pencerahan?

Nah.. keliatan kan bedanya? contoh pertanyaan2 tersebut tentunya sangat jelas menggambarkan permasalahan yang dihadapi. Si penanya juga terlihat sudah melakukan usaha sebelumnya. Pertanyaan2 seperti inilah yang akan membuat orang lain RESPECT dengan masalah kita dan tentunya akan berusaha membantu jika memang tau solusinya.

Demikian tulisan singkat ini. Silakan jika ada yg mau menambahkan dan mudah2an ada gunanya :)
Sumber:
http://www.kaskus.co.id/thread/528203b91f0bc36250000005/cara-bertanya-yang-baik-di-media-internet/