Laman

Ada 5 Wanita Terkaya di dunia dalam Bidang Teknologi

0 komentar

Wanita Terkaya di dunia dalam Bidang Teknologi – Lembaga riset Wealth-X menobatkan Meg Whitman sebagai wanita terkaya di dunia dalam bidang teknologi. Meg merupakan CEO dari Hewlett-Packard yang biasa disingkat HP. Wanita yang lahir pada tahun 1956 ini berhasil mengumpulkan kekayaan mencapai USD1,3 Miliar atau setara dengan Rp16,7 triliun (kurs Rp12.856 per USD).
Seperti dilansir CNBC, Sabtu (18/4/2015), posisi kedua wanita terkaya di bidang teknologi adalah COO Facebook yaitu Sheryl Sandberg dengan jumlah kekayaan sebesar USD1,22 miliar, sedangkan di posisi ketiga ditempati oleh salah satu pendiri Alibaba, Lucy Peng yang memiliki kekayaan mencapai USD1,2 miliar. CEO HTC, Cher Wang berada di posisi keempat dengan kekayaan mencapai USD890 juta, lalu disusul oleh wanita cantik yang juga CEO Yahoo! Marissa Mayer dengan kekayaannya yang mencapai angka USD410 juta dan berada diposisi kelima.
Meg Whitman, CEO, Hewlett-Packard
Meg Whitman, CEO, Hewlett-Packard via forbesindia.com
Dari segi kepemilikan jumlah saham, Whitman pernah meraup keuntungan dari hasil penjualan saham eBay pada tahun 2007. Sementara itu Sheryl Sandberg, sempat menjual saham Facebook pada tahun 2012 dan berhasil meraup USD700 juta di luar pajak. Sedangkan salah satu pendiri situs jual beli Alibaba, Lucy Peng, berhasil meraup hingga USD167 miliar dari IPO spektakulernya pada tahun 2014 lalu. Saat ini, kapitalisasi saham Alibaba diperkirakan mencapai USD210 miliar.
Selain itu, melemahnya performa HTC di beberapa tahun terakhir membuat kekayaan Cher Wang sebagai CEO-nya ikut tergerus. Bahkan Majalah Forbes mencatat, kekayaan keluarganya sampai anjlok hingga 50 persen pada tahun 2014 menjadi USD950 juta.
Milyader Wanita Kalah Jauh Dibanding Pria
Namun, meskipun kelima wanita tersebut kaya raya, harta mereka semua masih bisa dikatakan tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan miliarder pria terkaya di dunia ini.
Sebut saja kekayaan pendiri Microsoft, Bill Gates mencatat kekayaan bersih mencapai USD79,2 miliar. Disusul oleh CEO Oracle Larry Ellison dengan kekayaan USD54,3 miliar.
Permasalahan Gender di Tempat Kerja
Masih jauhnya perbedaan jumlah kekayaan wanita terkaya dan pria terkaya di dunia ini menunjukkan masih adanya permasalahan gender di tempat kerja. Sebuah studi yang dilakukan oleh Federal Reserve New York mengatakan, setiap kenaikan gaji USD1 juta dalam pendapatan perusahaan, harta kekayaan pria meningkat USD17.150, sementara untuk wanita hanya meningkat USD1.670.
Bahkan, World Economic Forum (WEF) pun memperkirakan butuh waktu sampai 81 tahun untuk bisa mewujudkan kesetaraan gender di tempat kerja.
http://www.jurnalweb.com/wanita-terkaya-di-dunia-dalam-bidang-teknologi/