Laman

JavaScript ?

0 komentar

Apa Itu JavaScript ?

JavaScript adalah salah suatu bagian dari bahasa pemograman Java yang dibuat oleh Sun Microsystem. Javascript adalah bahasa script yang langsung dimasukkan ke dalam dokumen HTML kita, sehingga tidak memerlukan kompiler lagi.
Untuk membuat Javascript, kita menggunakan tag <SCRIPT>. Tag <SCRIPT> memiliki atribut LANGUAGE untuk menyatakan jenis bahasa script yang digunakan. Perhatikan contoh dokumen HTML sederhana yang meyisipkan JavaScript ke dalamnya.

<HTML>
  <HEAD>
    <TITLE>Contoh JavaScript Sederhana</TITLE>
  </HEAD>

  <BODY>
    <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
       // menuliskan ke layar browser
       document.writeln("Javascript pertamaku !");
       // selesai.
    </SCRIPT>
  </BODY>

</HTML>
Jadi, untuk JavaScript LANGUAGE harus diisi "JavaScript" (lihat contoh di atas). Elemen <SCRIPT> dapat ditulis pada bagian HEAD maupun BODY.
Untuk membuat komentar pada JavaScript kita menggunakan //
Elemen <SCRIPT> juga memiliki atribut SRC yang digunakan untuk menunjuk file terpisah JavaScript (*.js). Jadi, JavaScript dapat diketik terpisah dan digunakan dalam WEB anda sehingga lebih praktis.
Contoh-contoh JavaScript yang nantinya akan diberikan di sini sudah berbentuk file .js. Dan untuk menggunakannya seperti di bawah ini :

<HTML>
  <HEAD>
    <TITLE>Contoh Pemakaian File .js</TITLE>
  </HEAD>

  <BODY>
    <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript" SRC="nama-file.js">
    </SCRIPT>
  </BODY>

</HTML>
Dimana nama-file.js adalah nama file JavaScript yang ingin diselipkan.
JavaScript dalam dunia WEB boleh dibilang cukup baru. Jadi, masih banyak WEB Browser yang belum bisa menangani JavaScript, terutama browser-browser yang lama.
Oleh karena itu, kita harus mengantisipasi hal ini, yaitu kita harus menyembunyikan script yang kita buat agar script tersebut disembunyikan dan tidak dikerjakan oleh browser yang tidak mendukung Java, baik yang diselipkan maupun yang di dalam file.
Walaupun tampak seperti komentar dalam HTML, namun perintah JavaScript tersebut dapat dikenali oleh browser yang mampu menangani JavaScript
Netscape memiliki elemen tersendiri untuk menangani versi browsernya yang masih belum mampu menangani JavaScript yaitu dengan menggunakan elemen <NOSCRIPT>.
Lihat contoh dibawah ini :

<HTML>
  <HEAD>
    <TITLE>Sembunyikan JavaScript dari Browser yang tidak mendukung</TITLE>
    <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript">
      <!--
         sembunyikan kode JavaScript ...
      -->
    </SCRIPT>
  </HEAD>

  <BODY>
    <NOSCRIPT>
       Tampilkan pesan kesalahan atau pengganti JavaScript...
    </NOSCRIPT>
  </BODY>

</HTML>